Wednesday, November 28, 2012

Daftar 100 Santri Beasiswa Kemenag

Wednesday, November 28, 2012




6 komentar

Sunday, November 25, 2012

Check and Repack

Sunday, November 25, 2012

Malam ini akan segera dikirim 8000 eksemplar Buletin Matapena ke Jakarta. Sebuah pesanan yang tidak sedikit dari Kementrian Agama RI untuk didistribusikan kepada seluruh Kanwil di bawah wewenang Kementrian Agama RI. Dari dua edisi tahun 2012 tersebut, masing-masing berjumlah 4000 eksemplar. Pengiriman Buletin ini dijadwalkan tiba di kantor Kementrian besok pagi (25/11) dengan pengawalan langsung dari tim Matapena; Peppi al-Ikhtiqom dan Muhammad Mahrus.[]




0 komentar

Sunday, November 18, 2012

Redaksi Merapat

Sunday, November 18, 2012
Hasan, Khanif, Imron, Rohim, Adi, Wahed, Khairi, Anis

Setelah seminggu sebelumnya (11/11) komunitas Matapena kumpul di stand Matakopi ketika event pameran IKAPI DIY, guna membahas tema buletin edisi Desember 2012. Hari ini (18/11)  redaktur buletin Matapena kembali rapat redaksi. Rapat dihadiri seluruh anggota redaksi minus Halimatus Sa’diyah dan Tika Fitriyah yang sedang dalam tugas redaksi ke Jakarta. Sisanya, selain redaktur lama, ada beberapa nama baru yang mulai hari ini bergabung sebagai anggota redaksi. Mereka adalah Abdul Rahman Wahid (Wahid), Imron Hakiki (Ron), Khairi Esa Anwar (Khairi), dan Muhammad Adi (Adi). 
Rapat redaksi kali ini merencaakan penerbitan buletin satu bulan sekali. Penerbitan majalah enam bulan sekali dan pengelola buletin Matapena on line. Harapannya, dengan buletin edisi on line, bisa memudahkan khalayak luas mengakses buletin Matapena secara langsung. So, nantikan buletin edisi Desember 2012 dengan tema Pesantren dan Menulis. Semoga dengan tema ini bisa memantik jiwa kepenulisan di kalangan pesantren pada khususnya. [Ayul]


1 komentar

Friday, November 16, 2012

Info

Friday, November 16, 2012
Program Beasiswa Kepenulisan dari Kementrian Agama RI yang ditangani Komunitas Matapena sampai hari ini belum bisa direalisasikan sebagaimana rencana awal yang disampaikan kepada calon penerima beasiswa. Bahwa, 100 santri yang rencananya akan menerima beasiswa tersebut, dimintakan satu orang kepada masing-masing Rayon Komunitas Matapena dengan beberapa persyaratan, dan jumlah tersebut kin telah terpenuhi dengan asumsi pemerataan akan komposisi tersebut. 
Rencananya, program ini akan diberikan pada bulan November ini dengan mekanisme antara lain:
- Peserta melengkapi kebutuhan administrasi berupa data diri selengkap-lengkapnya
- Peserta akan diminta datang ke Yogyakarta untuk untuk mendapatkan pembekalan materi dan teori
- Peserta akan ditugaskan untuk membuat tulisan dalam bentuk fiksi/non fiksi dengan kesepakan tertentu 
- Dengan hasil tugas kepenulisan tersebut, akan dibukukan karya-karya peserta dalam bentuk antologi dan atau karya tunggal.
Akan tetapi, sampai hari ini Komunitas Matapena (selaku pelaksana teknis dari program tersebut) belum bisa menyelenggarakan pertemuan 100 santri yang sudah dimasukkan dalam program beasiswa kepenulisan tersebut. Hal ini disebabkan, antara lain, belum adanya kesepakatan waktu dengan pihak Kementrian Agama selaku pemilik program. Dimana, pertemuan tersebut membutuhkan kehadiran dan keterlibatan secara langsung dari pihak Kementrian Agama dalam rangkan memberikan sosialisasi dan pengarahan akan maksud dan tujuan program beasiswa tersebut. Karenanya, sampai pada pelaksanaannya nanti, diharapkan kepada seluruh peserta penerima beasiswa untuk menyiapkan diri meskipun kami atas nama penyelenggara teknis belum memberikan informasi secara pasti kapan pelaksanaan program tersebut dimulai.
Demikian informasi yang bisa disampaikan. Semoga dalam waktu dekat, pelaksanaan daripada program ini bisa segera direalisasikan.


Hormat Kami,
Komunitas Matapena

0 komentar

Wednesday, November 07, 2012

Kabar dari Tasik II

Wednesday, November 07, 2012
Baru beberapa menit setelah postingan Kabar dari Tasik, sekitar pukul 03.00 dini hari, tim panitia dari calon tuan rumah LSdP #9 sudah sampai di terminal Giwangan Yogyakarta. Rombongan yang menurut rencana berjumlah empat orang ternyata cuma dua orang yang datang. Noverita (ketua panitia LSdP #9) dan seorang pendamping perjalanannya.

Sementara Lena Sa'yati dan pendamping hidupnya, M. Syakhruzzaky Romadloni (selamat ya... atas pernikahan kalian), batal ikut serta dalam kunjungan ke Yogyakarta kali ini. Berdasarkan informasi dari Nove (sapaan akrab pemilik nama panjang Noverita Mustika Ati), Teh Lena tidak jadi berangkat karena sakit. Moga lekas baikan ya, Teh...

Kisaran pukul 14.00 WIB, tim fasilitator sudah menunggu Nove di Stand Matakopi Kafee yang kebetulan hari itu buka di lokasi pameran buku IKAPI DIY. Di sanalah perbincangan membahas rencana pelaksanaan LSdP #9 dimatangkan. Wal hasil, tim panitia dibantu fasilitator Komunitas Matapena sudah siap menerima pendaftaran peserta dengan ketentuan sebagai berikut:

- Peserta adalah remaja berusia 15-22 tahun.
- Mengisi formulir pendaftaran (disediakan di lokasi kegiatan).
- Membayar kontribusi @Rp150.000.
- Peserta akan mendapatkan makalah, tanda pengenal, kartu anggota komunitas, tas, sertifikat, dan buku antologi karya peserta serta fasilitas akomodasi dan konsumsi selama pelatihan.
- Menyerahkan foto diri (pose bebas tapi sopan, ukuran maksimal 3R)
- Menyerahkan salah satu karya yang pernah dibuat, baik yang pernah dimuat di media massa maupun yang belum.
- Peserta bersedia tinggal di lokasi selama kegiatan.
- Pendaftaran bisa dilakukan di sekretariat panitia; Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Kp. Condong, Ds. Setianegara, Kec. Cibeureum, Kota Tasikmalaya Jawa Barat 46196 Telp. (0265) 7077821
- Pendaftaran bisa melalui 
 email: admin@komunitasmatapena.com 
          matapena_jogja@yahoo.com atau 

Informasi juga bisa diakses di www.matapenatasik.blogspot.com 

Batas waktu pendaftaran sampai hari Kamis, 20 Desember 2012.

Di antara sekian konsep yang sudah disiapkan tuan rumah, pelaksanaan LSdP #9 ini rencananya akan membawa peserta ke Rest Area Urug Kota Tasikmalaya pada hari ketiga. Malam harinya, penutupan acara akan menghadirkan sastrawan-sastrawan nasional seperti Acep Zamzam Noer (Sastrawan Nasional Senior), Bode Riswandi (Sastrawan dan Dosen Universitas Siliwangi Tasikmalaya), dan M. Irfan Hidayatullah (Sastrawan-Alumni PP Riyadlul 'Ulum Wadda'wah Condong Tasikmalaya). Tentu, selama kegiatan berlangsung, peserta akan didampingi oleh fasilitator-fasilitator dari Komunitas Matapena.

Dan jangan sampai lupa, LSdP #9 ini akan diselenggarakan pada 28-30 Desember 2012. Peserta terbatas untuk 200 orang.

Untuk formulir pendaftarannya bisa mengunduh bitmaps di bawah ini:


Hayu ka Tasik...[MF] 

1 komentar

Kabar dari Tasik

Di penghujung tahun ini, Liburan Sastra di Pesantren (LSdP) #9 bakal bertempat di Tasikmalaya. Sahabat Matapena Rayon Tasikmalaya, PP Riyadhul 'Ulum wad Da'wah Condong, sedang sibuk mempersiapkan segalanya. Jika pada LSdP sebelum-sebelumnya peserta ditarget maksimal 100 orang, kali ini bakal dinaikkan dua kali lipat. Melihat target sedemikian rupa itu, setidaknya mengajak kita untuk sama-sama berpartisipasi dalam rangka menyambut sekaligus mengapresiasi kerja keras yang sedang digarap Sahabat Matapena di Tasik sana.
Ya, memang jauh. apalagi jika dibayangkan jarak tempuh dari Banyuwangi dan Situbondo. Tetapi jangan dikira mereka akan menyerah dengan pertimbangan itu. Karena mereka yakin dengan kemungkinan sebaliknya, bahwa jarak sudah tidak lagi menjadi pertimbangan utama. Lain lagi jika terdapat pertimbangan waktu yang tidak berpihak dari beberapa daerah sehingga menuntut mereka untuk menunda perhelatan yang selalu dinanti-nanti tersebut.
Sebagai gambaran awal, LSdP #9 akan dilaksanakan pada 28-30 Desember 2012 di PP Riyadhul 'Ulum wad Da'wah Condong Tasikmalaya. Tempat di mana hampir setiap kali LSdP Matapena selalu ada peserta delegasi dari sana. Ya, seperti delegasi dari daerah-daerah lain seperti Banyuwangi dan Situbondo, atau bahkan Pulau Bali dan Madura. Lagi pula, LSdP yang terselenggara di luar Jogja sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu, di STAIT Raden Wijaya Mojokerto. kemudian dijeda perhelatan di Yogyakarta lagi sebanyak 2 kali LSdP (Dusun Santan Pajangan Bantul--LSdP #5, dan PP Kaliopak Yogyakarta--LSdP3 #6). Dan pada kesempatan berikutnya, LSdP diselenggarakan di UNSIQ Wonosobo dengan tuan rumah Sahabat Matapena Rayon Wonosobo dari PP Al-Asy'ariyyah. Disambung LSdP berikutnya di MA Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara. 
Nah, pada perhelatan terkhir itu, LSdP #9 yang bakal diselengarakan ini mulai ditarik ke sana ke mari oleh Sahabat Matapena dari beberapa daerah. Wal hasil, Tasikmalaya adalah yang paling siap untuk menjadi tuan rumah.
Rencananya, hari ini (07 November 2012) sebagian dari penggerak Matapena Tasikmalaya akan bertandang ke Yogyakarta untuk melakukan koordinasi terkait preparasi LSdP #9 nanti. Apa hasil dari koordinasi itu, akan segera kami sampaikan pada Sahabat-sahabat sekalian.
Sampai jumpa...[MF]

0 komentar