Friday, December 11, 2009

Liburan Sastra 4

Friday, December 11, 2009
Komunitas Matapena akan kembali menggelar kegiatan Liburan Sastra di Pesantren yang ke 4. Buat teman-teman yang ingin ikutan, informasi lengkapnya sebagai berikut:

Kegiatan ini berangkat dari kegelisahan akan minimnya apresiasi sastra para siswa di lembaga pendidikan formal. Selain sebagai tawaran kegiatan positif bagi remaja di masa liburan sekolah, untuk penggalian dan pengasahan skill writing di kalangan remaja. Maka, diadakanlah kegiatan LIBURAN SASTRA DI PESANTREN (LSdP) 4. Dengan tema: “BERLIBUR, BERSASTRA, BERKARYA”

Kegiatan ini bertempat di pesantren kaliopak yogyakarta, peserta akan ditempatkan di tenda-tenda dekat sungai dengan suasana kemah yang meyenangkan.

Specialnya, pada liburan sastra kali ini materi hari terahir akan di bawakan di candi boko, peninggalan dinasti syailendra. Selama satu hari itu peserta diajak belajar bersastra sambil menatap indah dan megahnya candi yang berdekatan dengan candi prambanan tersebut.

Selama acara berlangsung peserta akan di dampingi oleh sastrawan besar seperti ahmad Tohari, Jamal D Rahman, Agos noor, Joni ariadinata dan Evi idawati. Serta seluruh penulis novel komunitas matapena.

Sebagai ‘gong’ nya. Acara penutupan akan dimeriahkan oleh Genk kobra, Teater sahita, dan Orasi budaya Acep zam zam noor, pembacaan Puisi D zawawi imron, dan pembacaan lagu prosa Tri Utami.

Target Kegiatan: -Peserta dapat mengapresiasi karya sastra. -Peserta bisa menuliskan ide, imajinasi, dan gagasan dalam bentuk karya sastra. -Peserta bisa menjaga kekompakan dan saling menghargai antarteman yang berbeda latar belakang sosial, budaya, dan agama. Liburan Sastra di Pesantren adalah pelatihan sastra yang dilaksanakan dalam nuansa liburan bertempat di pesantren. Untuk LSDP 4 ini, Materi kegiatan difokuskan pada teknik penulisan cerpen meliputi: penentuan ide dan gagasan, alur dan penokohan, setting, dan apresiasi cerpen dalam pementasan.

Kegiatan ini menggunakan metode fasilitasi dan memanfaatkan potensi alam dan lokal. Target materi dalam liburan ini adalah antologi cerpen hasil karya para peserta.

LSDP4 akan dilaksanakan pada Jum’at, Sabtu, Minggu, tanggal 8,9,10 Januari 2010. Bertempat di Pondok Pesantren Kaliopak Yogyakarta. Rencananya akan diikuti oleh 100 remaja, berusia 18-22 tahun, berasal dari seluruh Indonesia dan memenuhi syarat-syarat pendaftaran.

Ketentuan Pendaftaran: -Peserta adalah remaja berusia 18-24 tahun. -Mengisi formulir pendaftaran. -Membayar kontribusi peserta, dan akan mendapatkan novel, makalah, tanda pengenal, kartu anggota komunitas, tas, sertifikat, dan buku antologi cerpen peserta. Sebagai souvenir peserta juga akan mendapatkan payung cantik khas komunitas matapena. -Menyerahkan photo diri (pose bebas tapi sopan, ukuran maksimal 3R) -Menyerahkan cerpen terbaik asli karya sendiri dengan ketentuan minimal 3 halaman spasi ganda. Cerpen ini akan dipakai untuk antologi peserta (cerpen boleh dikumpulkan menjelang registrasi pada hari H acara) - membawa alat sholat dan peralatan menghalau dingin -Peserta bersedia tinggal di tenda selama kegiatan. -Pendaftaran bisa dilakukan di sekretariat panitia; Komunitas Matapena, Jl Parangtritis Km, 4, perum perwita regency jl beta no 12. telpon 0274 -Pendaftaran bisa melalui email: matapena_jogja@yahoo.com. Hp: 085868041861 ( Pijer sri laswiji) atau 081392719176 (Akhiriyati sundari) -Pendaftaran sampai tanggal 26 desember 2009 - kontribusi sebesar RP. 100.000. untuk anggota Komunitas Matapena diskon 25% - Registrasi bisa dilaksankan di lokasi acara.

0 komentar