Friday, December 12, 2008

Liburan Sastra di Pesantren II

Friday, December 12, 2008

Komunitas Matapena akan kembali menggelar kegiatan Liburan Sastra di Pesantren. Buat teman-teman yang ingin ikutan, informasi lengkapnya sebagai berikut:
Kegiatan ini berangkat dari kegelisahan akan minimnya apresiasi sastra para siswa di lembaga pendidikan formal. Selain sebagai tawaran kegiatan positif bagi remaja di masa liburan sekolah, untuk penggalian dan pengasahan skill writing di kalangan remaja. Maka, diadakanlah kegiatan LIBURAN SASTRA DI PESANTREN (LSdP). Dengan tema: “BERLIBUR, BERSASTRA, BERKARYA”

Target Kegiatan:
-Peserta dapat mengapresiasi karya sastra.
-Peserta bisa menuliskan ide, imajinasi, dan gagasan dalam bentuk karya sastra.
-Peserta bisa menjaga kekompakan dan saling menghargai antarteman yang berbeda latar belakang sosial, budaya, dan agama.



Liburan Sastra di Pesantren adalah pelatihan sastra yang dilaksanakan dalam nuansa liburan bertempat di pesantren. Untuk LSDP II ini, Materi kegiatan difokuskan pada teknik penulisan cerpen meliputi: penentuan ide dan gagasan, alur dan penokohan, setting, dan apresiasi cerpen dalam pementasan. Ditemani oleh para pemateri dari sastrawan nasional seperti Agus Noor dan Joni Ariadinata. Dengan metode fasilitasi dan memanfaatkan potensi alam dan lokal. Target materi dalam liburan ini adalah antologi cerpen hasil karya para peserta. Puncak kegiatan akan diisi dengan pementasan cerita pendek, pembacaan puisi oleh Faisol Kamandobat dan Aning Ayu Kusuma, dan orasi budaya oleh Bisri Efendi.

LSDP II akan dilaksanakan pada Jum’at, Sabtu, Minggu, tanggal 2, 3, 4 Januari 2009. Bertempat di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Rencananya akan diikuti oleh 50 remaja, berusia 18-22 tahun, berasal dari seluruh Indonesia dan memenuhi syarat-syarat pendaftaran.

Ketentuan Pendaftaran:
-Peserta adalah remaja berusia 18-22 tahun.
-Mengisi formulir pendaftaran.
-Membayar kontribusi peserta, dan akan mendapatkan makalah, tanda pengenal, kartu anggota komunitas, tas, sertifikat, dan buku antologi cerpen peserta
-Menyerahkan photo diri (pose bebas tapi sopan, ukuran maksimal 3R)
-Menyerahkan salah satu karya yang pernah dibuat, baik yang pernah dimuat di media massa maupun yang belum.
-Peserta bersedia tinggal di Pondok Pesantren selama kegiatan.
-Pendaftaran bisa dilakukan di sekretariat panitia; Komunitas Matapena, Jl Parangtritis Km, 4,4 Salakan Baru No. 1 Sewon Bantul Yogyakarta.
-Pendaftaran bisa melalui email: matapena_jogja@yahoo.com. Hp: 0818374593 (Sdri. Khilma) atau 085878933456 (Sdri. Isma).
-Pendaftaran sampai hari Senin, 29 Desember 2008.

So, jangan sampai ketinggalan ya, karena peserta terbatas.

0 komentar