Wednesday, July 26, 2006

Asyiknya Ikutan Workshop!

Wednesday, July 26, 2006
Sebelumnya aku tak pernah menyangka akan mendapat kesempatan dari Matapena, untuk bergabung dalam workshop penulisan skenario, 21-24 Juli 2006 di Wisma Eden II Kaliurang, bareng Hanung, Aristo, dan Agus Noor. Makanya, ketika aku dihubungi, sedikit merasa tidak percaya diri gitu. Apalagi, aku terbilang baru dalam dunia tulis-menulis.
Dapet temen baru, itu pasti. Temen-temen yang pinter nulis lagi. Dapet ilmu dan pengalaman, tentu iya. Dari para pakar perskenarioan lagi. Mataku benar-benar dibikin melek deh, sepulang dari workshop itu. Melek dunia tulisan. Soalnya, kalau aku bilang, teori nulis skenario ternyata bisa juga dipakai buat nulis cerita fiksi genre novel. Bisa bikin tulisan lebih sistematis dan fokus.
Misalnya, gimana dari awal kita musti sudah menemukan apa ide dan premis dari tulisan kita. Mau nulis apaan sih... Nah kalau yang ini sudah ketangkep, seterusnya jadi enak dan lancar aja kayaknya. Juga, pembagian dari opening, plot point I, plot point II, sampai ending. Belum lagi kalau teori sekuen juga diterapkan. Biar babakan-babakan jalan ceritanya jadi enak dibaca. Mengalir dan runtut.
Aha! Ngomongin teori emang gak ada susahnya. Tapi, jangan kira praktiknya juga gampang. Hihihihi... Soalnya dalam praktik sudah melibatkan waktu, mood, dan pikiran... But, itu sudah murni urusannya aku, yang pastinya punya niat 100% bersedia mempraktikannya dalam proses kepenulisan. Nah, kalo urusannya Matapena, mmm... terima kasih aku ya... for everything-nya... ;))

0 komentar